Selasa, 02 September 2014

Makanan Korea Di Lidah Indonesia Itu..

Posted by Unknown at 23.56
Menurut gue Korea berhasil banget memperkenalkan makanannya di Dunia, terutama juga di Indonesia.
Karena gue yang awalnya gak tau menau tentang Korea, suka cuma enggak terobsesi, hanya tergila-gila dengan warna merah semua makanannya (pada umunya), jadi gue penasaran rasanya kayak apa.
Karena ada beberapa yang gampang banget dibuat, jadi gue berinisiatif untuk coba buat sendiri di rumah. Yang udah gue buat dan lumayan berhasil adalah Dalgona, Green Onion Pancake (lupa hangulnya apa), dan Kimchi.
Yang paling mudah ya Dalgona, karena cuma butuh wadah kecil, gula dipanasin terus ditambahin baking soda. Dan rasanya gue bisa yakin 100% sama kayak aslinya di Korea. *Yang gue heran dari ekspresi orang Korea ketika makan itu kayaknya uenak banget. Padahal rasanya ya rasa gula plek banget. Gak ada rasa tambahan. Jelas lebih enak gulali tradisional Indonesia berbahan gula dipanasin ditambah pewarna makanan dan dibentuk macem-macem *IMO*
Lalu Kimchi. What can I say? pertama kali dulu penasaran rasanya kayak gimana. Gue kira rasanya pedes manis dan berempah-rempah. Lalu gue coba buat pertama kalinya. Semua resep gue ikutin plek kecuali Gochujang (bener gak ya). Dan rasanya waktu pertama kali ngerasain itu.. Asem, pedes, sawi putih mentah. Itu belum difermentasi. Tapi gue udah ngebayangin setelah difermentasi mungkin rasanya akan lebih awkward dari itu. Dan gue gak mau coba lagi.
Namun, beberapa tahun kemudian, tepatnya tahun ini, gue diajak temen gue makan di Kedai Korea di bilangan Margonda, Depok. Disana gue pesen Kimchi karena penasaran apa rasanya sama kayak yang gue pernah buat dulu. Dan ternyata bener aja, rasanya sama. Sama-sama asem, kecuali yang bikin gue makin gak tahan dengan Kimchi asli ini karena pake minyak ikan. Duh rasanya: Asem, gak pedes amat, dan ikan. Tapi lumayan untuk "ngagetin" lidah sama rasa asemnya.

Oya, untuk pertama kali itu gue juga akhirnya makan Tteokbokki. Yeay! Ternyata warna merahnya tak seperti rasanya. Rasanya lebih dominan manis daripada pedes. Bahkan gue sama sekali gak nemu rasa pedesnya. kecewa dikit. Kecuali rasa Tteok/Garaeddeok nya emang enak. Chewy dan enak banget dikunyah. Kira-kira gue udah makan Tteokbokki dua kali. Dan dari semuanya, gue suka sama Tteokbokki diurutan kedua.
Karena saking sukanya, gue bereksperimen untuk buat versi gue di rumah. Dengan bahan yang kayaknya gampang, dengan pede gue buat. Tapi ternyata.... GAGAL. Alias Tteoknya enggak kenyal sama sekali. Justru gue mikir mungkin kenyalnya hampir sama kayak Bubur Candil. (Dari tepung ketan). Pokoknya gagal banget, dan bikinnya hampir 3 jam.
pesen: Percuma ikutin resep Tteokbokki versi simpel di gugel. Karena rasanya beda banget, jujur deh kalo kalian pernah makan Tteokbokki versi Korea asli, itu enak dan enggak awkward kayak Kimchi. Tepung beras di Indonesia dengan Korea jelas beda. kecuali kalian mau buat dari tepung beras asli Korea mungkin beda cerita. 

Oya, urutan pertama makanan Korea kesukaan gue adalah Green Onion Pancake. Karena rasanya jelas gak beda jauh kayak omelet Indonesia. Kecuali agak "aneh" karena potongan daun bawangnya yang panjang. Enggak dipotong kecil-kecil. Jadi kalo kalian gak mau ngunyah daun bawang kayak ngunyah mie, gue saranin jangan buat ini. Lol

Dan terakhir sekali, yang sering gue makan saat SMA adalah Bibimbap dan Bulgogi. Bibimbap itu serius enak, dan Bulgogi. Biarpun rasanya ya kayak Teriyaki, dan Bibimbap rasanya kayak makan nasi, telur goreng/setengah mateng dan sayuran terus dicampur campur jadi satu. Tapi seenggaknya itu makanan yang bisa diterima "banget" untuk lidah orang Indonesia.
Jadi laper malem-malem gini. Hehe
Kimchi
Bibimbap
Pajeon
Tteokbokki!!

Dalgona/Bbogi


I Lover Korean Dishes.

3 comments:

Unknown mengatakan...

pengen deh makan bibimbap, di surabaya ada ngak mbak?

Adab Makan dan Minum

Unknown mengatakan...

@MiftahulYahyadanusa coba gugling aja mas, pasti ada untuk surabaya, karena kan gak jauh beda kayak jakarta. atau buat sendiri lebih mudah karena isinya pun gak begitu sulit bahannya ditemuin di pasar. Untuk sausnya tinggal beli gochujang di Giant atau mini market korea sekitar surabaya jika ada. Selamat mencoba. Yang jelas enakkkk kok rasanya kayak makan nasi campur hohohohoh

Unknown mengatakan...

@MiftahulYahyadanusa ada mas di surabaya letaknya di galaxy mall sekitaran food court ada tempat makan yang ada air mancurnya dkt toko mainan mahal... Dsitu menu korea bgt, yang ringat smpk berat en ada yg berkuah2 pedas.

Posting Komentar

 

Irreplacable Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review