Senin, 31 Oktober 2016

Tugas 4 Etika Bisnis - Kasus Kecurangan Perusahaan

Posted by Unknown at 13.42


Analisis Etika Bisnis Terhadap Kasus Kecurangan Perusahaan (Kode Etik Profesi)

Studi Kasus : AXIS

Nama : Heni Susanti
NPM : 14213041
Kelas : 4EA17


PENDAHULUAN

Axis adalah sebuah produk layanan telekomunikasi yang telah diakuisisi oleh XL Axiata pada tanggal 26 September 2013. AXIS meluncurkan layanannya pada April 2008 dan kini tersedia di lebih dari 400 kota di seluruh pulau-pulau besar Indonesia, termasuk Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Lombok. Berkantor pusat di Jakarta, AXIS merupakan operator seluler 2G 3G dan 4G dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia, melayani lebih dari 15 juta pelanggan telepon seluler, didukung oleh lebih dari 800 pegawai yang berdedikasi.
Pada 30 Maret 2015, AXIS hadir dengan wajah baru setelah bergabung dengan XL. Kini, merek layanan yang identik dengan warna ungu itu menawarkan gaya hidup baru dalam menggunakan layanan telekomunikasi melalui penyediaan layanan yang simple, terutama untuk sekadar menelpon, SMS, dan Data/Internet sesuai kebutuhan dengan tarif irit. Pengenalan kembali AXIS kali ini ditandai dengan peluncuran program gaya hidup “Iritology” yakni penawaran layanan Ngobrol Irit, Ngenet Irit, Awet Irit.

TELAAH PUSTAKA

PENGERTIAN KODE ETIK
Kode etik adalah merupakan suatu bentuk aturan tertulis yang secara sistematik sengaja dibuat berdasarkan prinsip-prinsip moral yang ada dan pada saat yang dibutuhkan akan dapat difungsikan sebagai alat untuk menghakimi segala macam tindakan yang secara logika-rasional umum (common sense) dinilai menyimpang dari kode etik. Dengan demikian kode etik adalah refleksi dari apa yang disebut dengan “self control”, karena segala sesuatunya dibuat dan diterapkan dari dan untuk kepentingan kelompok sosial (profesi) itu sendiri.
Pelanggaran kode etik profesi adalah penyelewengan/ penyimpangan terhadap norma yang ditetapkan dan diterima oleh sekelompok profesi, yang mengarahkan atau memberi petunjuk kepada anggotanya bagaimana seharusnya berbuat dan sekaligus menjamin mutu profesi itu dimata masyarakat.
Kode etik untuk sebuah profesi adalah sumpah jabatan yang juga diucapkan oleh para pejabat Negara. Kode etik dan sumpah adalah janji yang harus dipegang teguh. Artinya, tidak ada toleransi terhadap siapa pun yang melanggarnya. Benar adanya, dibutuhkan sanksi keras terhadap pelanggar sumpah dan kode etik profesi. Bahkan, apabila memenuhi unsur adanya tindakan pidana atau perdata, selayaknya para pelanggar sumpah dan kode etik itu harus diseret ke pengadilan.Kita memang harus memiliki keberanian untuk lebih bersikap tegas terhadap penyalahgunaan profesi di bidang apa pun. Kita pun tidak boleh bersikap diskrimatif dan tebang pilih dalam menegakkan hukum di Indonesia. Kode etik dan sumpah jabatan harus ditegakkan dengan sungguh-sungguh. Profesi apa pun sesungguhnya tidak memiliki kekebalan di bidang hukum. Penyalahgunaan profesi dengan berlindung di balik kode etik profesi harus diberantas. Kita harus mengakhiri praktik-praktik curang dan penuh manipulatif dari sebagian elite masyarakat. Ini penting dilakukan, kalau Indonesia ingin menjadi sebuah Negara dan Bangsa yang bermartabat.
Jadi pelanggaran kode etik profesi merupakan pelanggaran yang dilakukan oleh sekelompok profesi yang tidak mencerminkan atau memberi petunjuk kepada anggotanya bagaimana seharusnya berbuat dan sekaligus menjamin mutu profesi itu dimata masyarakat.
Kode etik disusun oleh organisasi profesi sehingga masing-masing profesi memiliki kode etik tersendiri. Misalnya kode etik dokter, guru, pustakawan, pengacara, pelanggaran kode etik tidak diadili oleh pengadilan karena melanggar kode etik tidak selalu berarti melanggar hokum.

PEMBAHASAN

ARTIKEL
AXIS Rabu Rawit dan Jumat Berkah/Baik
            AXIS yang kini satu atap dengan XL terus berinovasi untuk mengimbangi perusahaan induknya yang juga cukup ekspansif mengeluarkan aneka produk dan layanan. Belum lama ini perusahaan ini mengumumkan program terbaru yang dinamakan Rabu Rawit (Rabu Wajib Irit). Lewat program tersebut seluruh pengguna layanan AXIS bisa mendapatkan diskon harga yang lumayan hemat di tiap hari Rabu dimulai dari tanggal 19 Agustus 2015. Namun, promo AXIS Rabu Rawit ini selalu berbeda setiap minggunya sehingga pelanggan harus mengetahui ada promo terbaru apa di hari Rabu tersebut.
            Lalu setiap hari jumat setiap minggunya, Axis selalu memberikan promo menarik dan murah dalam program promo JUMAT BAIK AXIS, jika kalian pengguna axis, ini kesempatan menarik untuk membeli paket data internet kalian yang bikin kantong aman dan damai.Variasi promo Rabu rawit dan Jumat berkah:



Cara daftar paket Rabu Rawit AXIS dan Jumat Baik ini bisa dengan melakukan panggilan telepon *123*888#.

KASUS
            Sepanjang tahun 2016 ini, banyak pelanggan AXIS yang mengeluhkan koneksi internet 3G ketika mereka mengaktifkan paket rabu rawit dan jumat baik yang sangat lambat, kendati jaringan stabil dan berada pada sinyal 3G (Ditunjukkan dengan symbol H+ pada layar smartphone) namun tak bisa dipungkiri bahwa saat kita melakukan browsing atau download, koneksi terasa sangat lambat seperti menggunakan jaringan 2G.
            Kejadian ini tidak hanya dirasakan oleh satu atau dua orang saja, bahkan hampir merata di sejumlah daerah di Pulau Jawa, dan Sumatera. Walaupun pelanggan telah menghubungi pihak AXIS, hal yang paling sering disarankan oleh Customer Service AXIS adalah men-setting APN dan men-lock jaringan di smartphone ke 3G. Pihak AXIS berdalih bahwa tidak ada masalah pada tower mereka. Namun banyak pelanggan mengeluhkan bahwa itu bukan kesalahan pengaturan pada smartphone mereka, tapi pada jaringan AXIS. Hingga saat ini belum ada perbaikan pada jaringan AXIS tetapi program rabu rawit dan jumat baik masih terus dijalankan. Pelanggan masih tetap mengeluh bahwa jaringan AXIS tetap lambat, bahkan tidak bisa digunakan sama sekali.



ANALISIS
            Dari kasus dan penjabaran diatas, dapat dikatakan bahwa terjadi kecurangan dan pelanggaran kode etik oleh AXIS berupa penurunan kecepatan internet dan tidak melakukan perbaikan secara merata ke seluruh daerah walaupun pelangan telah mengeluhkan masalah jaringan 3G yang lambat bahkan tidak bisa digunakan sama sekali. Walaupun pihak AXIS memberikan pernyataan bahkan mereka akan menyelidiki permasalah ini, namun pada nyatanya sudah hampir setahun pelanggan AXIS tetap tidak mendapat perubahan berarti. Alih-alih memperbaiki kualitas internet, pihak AXIS kedapatan menaikkan harga paket internet; tetap dengan kualitas jaringan internet 3G yang lambat. Jika perusahaan AXIS tetap tidak melakukan perbaikan dan tidak mendengarkan keluhan pelanggan mereka, tentu hal ini akan berdampak kepada kepuasan pelanggan. Hal umum yang bisa terjadi adalah semakin banyak pelanggan yang berpindah ke operator seluler lain. 
            Seharusnya AXIS mendengarkan keluhan pelanggan dan mengecek apakah terjadi kesalahan pada sistem atau jaringan internet perusahaan, karena hal ini terbukti dengan penurunan kecepatan internet secara merata di daerah di pulau Jawa dan Sumatera sekitar, bukan hanya satu atau dua pelanggan. Jika saja pihak AXIS mau menelusuri dan mencari solusi terhadap masalah internet mereka, tentu pelanggan AXIS akan merasa senang karena keluhan mereka didengarkan, bukan "menyalahkan" atau berasumsi bahwa pengaturan jaringan internet di smartphone pelanggan yang salah.

SUMBER
http://www.diskondipromo.com/2016/08/axis-jumat-baik-5-agustus-2016.html
https://pojok.axisnet.id/t5/Internet/kecepatan-Internet-yg-super-lemot/td-p/2209
https://askaxis.nolimitid.com/?&sort=new
http://cyberlawncrime.blogspot.com/2013/03/pengertian-etika-kode-etik-dan-fungsi.html
 

0 comments:

Posting Komentar

 

Irreplacable Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review