Sabtu, 02 Mei 2015

Indonesia Yang Meprihatinkan

Posted by Unknown at 19.44
Pernah gak terpikirkan oleh kalian jikalau ada kesempatan untuk tinggal di luar negeri? Pilih mana?
1. Tetap tinggal di Indonesia
2. Pindah kewarganegaraan dan tinggal di Luar Negeri

Kalau saya, rasanya jelas memilih untuk tinggal di luar negeri. Terlalu banyak yang memprihatinkan di Indonesia, mungkin lebih dari apa yang saya cinta di Indonesia.
Mungkin tinggal di luar negeri bukanlah hal yang mudah, apalagi perbedaan budaya yang sangat besar dan berbeda dengan Indonesia. Tapi jika melihat hal hal yang memprihatinkan di Indonesia, rasanya saya akan tetap memilih tinggal di luar negeri.

Menurut saya, hal yang memprihatinkan di urutan pertama adalah tata letak bangunan di tiap daerah yang tidak teratur. Ya, bahkan kota besar seperti Jakarta pun, disekitar ibukota megah ini masih dikelilingi oleh perumahan kumuh dan sungai sungai yang keruh, jorok, dan bau. Semakin jauh dari ibukota maka semakin jelaslah "wajah" asli bangunan maupun jalan jalan yang tidak rapi sama sekali. Banyak sampah, perumahan kumuh, sampah berserakan, jalan jalan rusak, dan lain sebagainya. Rasanya sungguh tidak nyaman melihat pemandangan seperti itu. Bahkan hampir di setiap bagian kota di Indonesia pasti masih berhias dengan jalanan, bangunan yang tidak teratur dan tidak sedap dipandang.
Lalu, yang memprihatinkan lainnya adalah masih banyaknya pengemis, gelandangan, pengamen jalanan yang ada di sekitar kita. Kehadiran mereka pun memperlihatkan bahwa di balik megahnya ibukota Jakarta dan kota kota besar lainnya pun tidak bisa menutupi bahwa Indonesia masih jauh terbelakang. Saya pun bingung kenapa Pemerintah tidak tanggap dengan hal seperti ini, yang memprihatinkan adalah saat kita lihat kehidupan para pemimpin, para artis, dan orang kelas atas lainnya yang memamerkan kekayaan mereka berbanding terbalik dengan orang orang disekitar mereka yang masih harus mengemis di jalanan, tidur di sembarang tempat. Sungguh tidak adil bukan?
Lalu, pada matkul saya di semester ini, dijelaskan sedikit mengenai "Inflasi dan Pengangguran", bahwa Indonesia memilih untuk menjaga agar inflasi tetap rendah dan membiarkan tingkat pengangguran tinggi. Terdapat opini bahwa Inflasi akan berdampak global ke seluruh negeri ketimbang dengan tingkat pengangguran karena pengangguran akan berimbas ke individu masing masing. Berbeda dengan negara Islandia (Kalau tidak salah). Islandia menganut sistem/paham bahwa lebih baik menjaga tingkat pengangguran tetap rendah dibanding dengan Inflasi. Hal ini dikarenakan pemerintah ingin agar warganya tetap sejahtera. Berbeda dengan Indonesia, bukan?
Memang, kita tidak bisa menyalahkan apa yang sudah ada, tapi hal itupun tetap menjadi hal yang memprihatinkan di Indonesia, menurut saya.

Lalu, hal yang memprihatinkan menurut saya mengenai Indonesia yaitu tidak lain adalah sistem kepemerintahannya. Hampir sulit sekarang di Indonesia memiliki pemerintah yang bersih dan jujur dan berorientasi kepada kesejahteraan rakyatnya, Yang saya lihat adalah mereka semakin kaya dan masyarakat semakin miskin. Bahkan anggota legislatif/orang orang di dalam parlemen pun saling menyerang hanya untuk kekuasaan mereka. Mereka banyak yang mementingkan diri sendiri ketimbang rakyatnya, mereka banyak yang sibuk dengan pencitraannya masing masing dan status kepemimpinannya lewat media sosial ketimbang mengurusi keluhan dan kebutuhan rakyatnya. Sungguh memilukan pemerintah di Indonesia. Saya pun tidak bisa banyak berkomentar mengenai hal ini karena saya bukanlah anggota pemerintah, saya hanya seorang mahasiswi. Hehe

Mungkin hanya sedikit dari hal yang membuat saya prihatin mengenai Indonesia.

0 comments:

Posting Komentar

 

Irreplacable Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review